Sabtu, 08 Oktober 2011

Analisis Jurnal minggu ke 2


Analisis Jurnal

Pertama
Pengarang , Judul, Tahun:
Hayudha Pramushinta, Analisis Pengaruh Pemasaran Aqua terhadap pembeliaan konsumen    dikeluarahan perwira Bekasi,2007

Tema
Pengaruh Pemasaran

Latar belakang masalah
Setiap perusahaan yang ingin memperluas usahanya dalam persaingan haruslah memandang pemasaran sebagai kunci utama dalam mencapai tujuan perusahaan. Pemasaran diarahkan untuk mengetahui kebutuhan pembeli kemudian memuaskan kebutuhan tersebut. Untuk menjual hasil produksi, produsen memerlukan distributor untuk mendistribusikan hasil produksinya sampai ke tangan konsumen

Fenomena
 Harga, Produk, Promosi, Keputusan Pembelian

Jurnal/Penelitian penelitian yang dijadikan dasar
Skala Riset
Regresi Linear Berganda
Koefisien korelasi
Koefesien determinasi

Motivasi penelitian
 Bagaimana suatu perusahaan melakukan upaya dalam memasarkan jasa-jasa

Masalah
 Bagaimana hubungan antara harga, produksi, dan promosi aqua terhadap pembelian

Tujuan
untuk mengetahui hubungan antara harga, produk, promosi aqua terhadap kepuasaan pembelian   

Metodologi Penilitian

Populasi dan sampel
Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang
mengkonsumsi air minum dalam kemasan merek Aqua sebanyak 126 sampel
yang merupakan bagian dari populasi sebagai responden. Jumlah tersebut
diambil berdasarkan pertimbangan bahwa 126 responden merupakan jumlah
yang cukup mewakili populasi. Responden dalam penelitian ini dipilih
berdasarkan metode pengambilan sampel yang bersifat non-probability
sampling, yakni accidental sampling atau convenience sampling yaitu dengan
memilih sampel dari orang atau unit yang mudah dijumpai atau diakses.
Pada metode ini, setiap anggota populasi tidak memiliki peluang yang
sama untuk terpilih menjadi sampel. Penggunaan metode ini didasarkan pada
pertimbangan waktu yang relatif lebih cepat dan biaya yang lebih murah
dibandingkan dengan sampel probabilistik.

Variabel
Y = a + b1X1 + b2X2 + b3X3 + b4X4 +b5X5+ b6X6+ e
Keterangan :
Y = Keputusan Membeli
a = Konstanta
b1,b2,b3,b4,b5,b6 = Koefisien regresi
X1 = Iklan Televisi
X2 = Iklan Surat Kabar
X3 = Iklan Majalah
X4 = Iklan Radio
X5 = Iklan Billboard
X6 = Iklan Spanduk
e = Error

Tahapan Penelitian:
Penelitian yang dilakukan merupakan riset conclusive yang bersifat
kausal (Causal research), yakni mempelajari hubungan sebab akibat antara
variabel independen terhadap variabel dependen. Dengan kata lain, terdapat
hubungan sebab akibat yang dapat diteliti antara variabel faktor-faktor media
iklan dan variabel keputusan pembelian.

Model Penelitian
Dilakukan dengan cara promosi dan informasi dan pemasaran melalui internet atau email lalu diambil keputusan pembelian. Model penelitian yang digunakan dalam penilitian ini yang terdapat dalam gambar 3,
yaitu model pengaruh program periklanan melalui internet dan pemasaran melalui e-mail
terhadap keputusan pembelian baik langsung maupun melalui pemrosesan informasi (Sularto,
 
Hasil dan analisis
Hasil  Program promosi yang dilakukan oleh PT. Aqua Golden Mississippi
sebagai bentuk proses komunikasi kepada pelanggan mengharapkan
adanya umpan balik (feed back). Umpan balik tersebut berupa kesadaran
konsumen untuk mengambil keputusan dalam melakukan pembelian
terhadap air minum dalam kemasan merek Aqua. Pada penelitian ini telah
dilakukan survey terhadap 126 orang responden sebagai sampel.
Analisis
Pada penelitian ini terdapat 7 (tujuh) variabel yang terdiri dari satu variabel
terikat, yaitu Variabel Keputusan membeli (Y) dan enam variabel bebas,
yaitu media iklan yang terdiri dari: Variabel Iklan Televisi (X1), Variabel
Iklan Surat Kabar (X2), Variabel Iklan Majalah (X3), Variabel Iklan Radio
(X4), Variabel Papan Reklame (X5), dan Variabel Spanduk (X6).

Rekomendasi dan Implikasi
Rekomendasi
Media iklan melalui iklan Televisi, iklan Surat Kabar, iklan Majalah, iklan Radio, Papan Reklame dan Spanduk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli air minum kemasan merek Aqua.
Implikasi
media iklan yang berpengaruh signifikan tersebut, yang paling dominan terhadap keputusan konsumen dalam membeli air minum kemasan merek Aqua adalah media iklan televisi, diikuti media iklan majalah, dan media iklan spanduk.
Sedangkan media iklan surat kabar berpengaruh sangat kecil.

Kedua
Pengarang , Judul, Tahun  
Ervie Hervina, Analisis Pengaruh pemasaran melalui email di internet terhadap keputusan pembelian produk UKM pada retail industry kimia dan kertas di wilayah bekasi,2010

Tema
 Pengaruh Pemasaran

Latar belakang masalah
Permasalahan kemiskinan di Indonesia sudah sangat mendesak untuk ditangani khususnya di wilayah perkotaan pinggiran. Salah satu cirri umum dari kondisi fisik masyarakat miskin adalah tidak memiliki akses ke prasarana dan sarana ke lingkungan dasar yang memadai dengan kualitas perumahan dan permukiman yang jauh dari standar kelayakan, serta mata pencaharian yang tidak menentu. Dalam rangka mendorong kegiatan dan pertumbuhan ekonomi dan terciptanya pemerataan pembangunan melalui perluasan lapangan kerja dan kesempatan berusaha perlu dikembangkan potensi usaha kecil dan koperasi.
Fenomena : data laporan keuangan, kelompok masyarakat

Jurnal/Penelitian yang dijadikan dasar 
Pemberdayaan pemerintah
Program penanggulangan kemiskinan di perkotaan
Usaha kecil mengenah
Efektifitas

Motivasi penelitian
untuk mengetahui efektifitas proses penyaluran dan penerimaan dana bergulir dan dampak program bantuan terhadap penciptaan lapangan kerja

Masalah
Apakah dana sudah dikelola sesuai dengan prinsip, tujuan, dan rencana penggunaan program seharusnya menjadi factor yang perlu mendapat perhatian

Tujuan Penelitian
Mengetahui efektifitas proses penyaluran dan penerimaan dana

Metodologi Penelitian
 Data
Unit analisis dalam penelitian ini adalah para pengguna Internet serta PT San Miguel
Pure and Foods Indonesia, artinya penelitian ini menggunakan konsumen dan produsen sebagai unit observasi.

Sampel/populasi
Sehubungan dengan jenis data yang diperlukan untuk penelitian ini adalah data yang
langsung diperoleh dari lapangan (primer), dan setiap variabel yang diuji memerlukan penekanan
pengertian yang definitif yang relevan dengan topik penelitian. maka secara konseptual
penegasan arti beserta operasionalisasi setiap variabel
Variabel
1.Variabel program periklanan ; Variabel ini terdiri dari empat indikator yaitu Segmen Pasar
Sasaran (Market), Tujuan/Misi (Mission), Pesan (Message), sertaMedia (Medium).
2. Variabel pemasaran melalui e-mail / E-Mail marketing ; E-mail marketing termasuk dalam
kelompok komunikasi Pemasaran Langsung (Direct Marketin). Variabel ini terdiri dari dua
indikator yaitu E-mail Promosional serta E-mail terkait Layanan.
3. Variabel Pemrosesan Informasi ; mencerminkan bagaimana perilaku para pengguna Internet
memproses informasi dalam diri mereka, proses ini termasuk perilaku yang tidak dapat
dilihat secara nyata oleh orang lain. Variabel ini terdiri dari 6 indikator yaitu Pemaparan
(Exposure), Perhatian (Attention), Pemahaman (Comprehension), Persetujuan (Agreement),
Mengingat (Retention) dan Niat Pembelian (Purchase Intension).
4. Variabel Keputusan Pembelian ; mencerminkan bagaimana perilaku para pengguna internet
dalam membuat keputusan atas informasi periklanan yang diperolehnya. Variabel ini terdiri dari 6 indikator yaitu Jangkauan, Perhatian, Pemahaman, Interaksi, Jaringan, serta
Pembelian.

Tahapan Penilitian
Pencarian data dilakukan dengan penetapan sampel dan populasi, pembuatan kuesioner, tabulasi data sumber, pemodelan dan analisa

Model Penelitian
Model penelitian yang digunakan dalam penilitian ini yang terdapat dalam gambar 3,
yaitu model pengaruh program periklanan melalui internet dan pemasaran melalui e-mail
terhadap keputusan pembelian baik langsung maupun melalui pemrosesan informasi

Hasil dan analisis
1.Pengaruh Program Periklanan terhadap Pemrosesan informasi menunjukan bahwa ada
pengaruh yang signifikan dimana dengan diperolehnya nilai signifikasi 0.000<0.05
jika dilihat nilai standar koefisien (β) sebesar 0.446. Hal ini menunjukan bahwa setiap
kenaikan satu satuan program periklanan akan meningkatkan pemprosesan data
sebasar 0.446.
2. Pengaruh pemasaran Melelui E-mail terhadap Pemrosesan informasi menunjukan
bahwa ada pengaruh yang signifikan dimana, dengan diperolehnya nilai signifikasi
0.001<0.05 jika dilihat nilai standar koefisien (β) sebesar 0.374. Hal ini menunjukan
bahwa setiap kenaikan satu satuan program periklanan akan meningkatkan
pemrosesan data sebesar 0.374.
3. Pengaruh Program Periklanan terhadap Keputusan Pembelian menunjukan bahwa
tidak ada pengaruh yang signifikan dimana, dengan diperolehnya nilai signifikasi
0.230>0.05 jika dilihat nilai standar koefisien (β) sebesar -0.105. Hal ini menunjukan
bahwa setiap kenaikan satu satuan program periklanan akan meningkatkan
pemprosesan data sebesar -105.
4. Pengaruh Pemasaran Melalui E-mail terhadap Keputusan Pembelian menunjukan
bahwa ada pengaruh yang signifikan dimana dengan diperolehnya nilai signifikasi
0.000<0.05 jika dilihat nilai standar koefisien (β) sebesar 0.454. Hal ini menunjukan
bahwa setiap kenaikan satu satuan program periklanan akan meningkatkan
pemrosesan data sebasar 0.454.
5. Pengaruh Pemrosesan Informasi terhadap Keputusan Pembelian menunjukan bahwa
ada pengaruh yang signifikan dimana, dengan diperolehnya nilai signifikasi
0.000<0.05 jika dilihat nilai standar koefisien (β) sebesar 0.590. Hal ini menunjukan
bahwa setiap kenaikan satu satuan program periklanan akan meningkatkan
pemprosesan data sebesar 0.590.

Rekomendasi
Berdasarkan hasil pengujian terhadap hipotesis-hipotesis yang diajukan menunjukan
bahwa program periklanan dan pemasaran melalui e-mail produk Vida mempengaruhi
pemprosesan informasi untuk pengguna internet .
Implikasi
Namun untuk keputusan pembelian produk Vida hanya dipengaruhi pemasaran melalui email
dan pemprosesan informasi sedang untuk program periklanan tidak mempengaruhi
terhadap keputusan pembelian. Hal ini menunjukan bahwa pengetahuan responden mengenai
pemaparan iklan Vida melalui internet sangat kurang sekali.

Ketiga
Pengarang,Judul,Tahun
Fifi Anggraeni, Analisis Pengaruh Pemasaran pada PT. Timurindo,2010

Tema
Pengaruh Pemasaran

Latar belakang masalah
Timurindo adalah perusahaan penyedia jasa untuk membangun dan penyediaan insfrastruktur telekomunikasi dengan sumber daya manusia untuk menghadapi persaingan yang ketat dengan macam melakukan strategi perusahaan

Fenomena
study pustaka dengan mempelajari buku-buku refrensi yang berhubungan dengan masalah mendapatkan data yang digunakan sebagai landasan

Jurnal
SWOT
metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats)

Motivasi penelitian
untuk mengetahui perusahaan melakukan upaya dalam memasarkan jasa-jasa

Masalah
Bagaimana menerapkan strategi pemasaran baik dilakukan PT. Timurindo

Tujuan penelitian
mengetahui strategi pemasaran

Metodologi penelitian
Data
  1. Data primer: data yang diperoleh langsung dari sumbernya misalnya melalui interview dan observasi
  2. Data sekunder: data yang sudah ada berbentuk publikasi dan buku mengenai topic misalnya melalui studi pustaka
Sampel dan populasi
Objek penelitian diambil dalam penelitian ini adalah pengaruh pemasaran yang di terapkan PT. Timurindo di pondok gede


Tahapan penelitian
pencarian dara dilakukan dengan penetapan sampel dan populasi
Hasil dan analisis
Dari hasil data pengguna jasa layanan PT.Timurindo dapat disimpulkan bahwa jumlah pengguna jasa mengalami peningkatan. 

Rekommendasi dan Implikasi
Dengan adanya pengaruh pemasaran yang agresif para manajer pemasaran diharapkan menetapkan target dan sasaran yang hendak dicapai dengan membuat program kerja terutama yang berhubungan langsung dengan kualitas pelayanan jasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar