Analisis Jurnal
Pertama
Pengarang , Judul, Tahun:
Hayudha Pramushinta, Analisis Pengaruh Pemasaran Aqua terhadap pembeliaan konsumen dikeluarahan perwira Bekasi,2007
Tema
Pengaruh Pemasaran
Latar belakang masalah
Setiap perusahaan yang ingin memperluas usahanya dalam persaingan haruslah memandang pemasaran sebagai kunci utama dalam mencapai tujuan perusahaan. Pemasaran diarahkan untuk mengetahui kebutuhan pembeli kemudian memuaskan kebutuhan tersebut. Untuk menjual hasil produksi, produsen memerlukan distributor untuk mendistribusikan hasil produksinya sampai ke tangan konsumen
Fenomena
Harga, Produk, Promosi, Keputusan Pembelian
Jurnal/Penelitian penelitian yang dijadikan dasar
Skala Riset
Regresi Linear Berganda
Koefisien korelasi
Koefesien determinasi
Motivasi penelitian
Bagaimana suatu perusahaan melakukan upaya dalam memasarkan jasa-jasa
Masalah
Bagaimana hubungan antara harga, produksi, dan promosi aqua terhadap pembelian
Tujuan
untuk mengetahui hubungan antara harga, produk, promosi aqua terhadap kepuasaan pembelian
Pengarang , Judul, Tahun:
Hayudha Pramushinta, Analisis Pengaruh Pemasaran Aqua terhadap pembeliaan konsumen dikeluarahan perwira Bekasi,2007
Tema
Pengaruh Pemasaran
Latar belakang masalah
Setiap perusahaan yang ingin memperluas usahanya dalam persaingan haruslah memandang pemasaran sebagai kunci utama dalam mencapai tujuan perusahaan. Pemasaran diarahkan untuk mengetahui kebutuhan pembeli kemudian memuaskan kebutuhan tersebut. Untuk menjual hasil produksi, produsen memerlukan distributor untuk mendistribusikan hasil produksinya sampai ke tangan konsumen
Fenomena
Harga, Produk, Promosi, Keputusan Pembelian
Jurnal/Penelitian penelitian yang dijadikan dasar
Skala Riset
Regresi Linear Berganda
Koefisien korelasi
Koefesien determinasi
Motivasi penelitian
Bagaimana suatu perusahaan melakukan upaya dalam memasarkan jasa-jasa
Masalah
Bagaimana hubungan antara harga, produksi, dan promosi aqua terhadap pembelian
Tujuan
untuk mengetahui hubungan antara harga, produk, promosi aqua terhadap kepuasaan pembelian
Metodologi Penilitian
Populasi dan sampel
Populasi dalam penelitian ini adalah
masyarakat yang
mengkonsumsi air minum dalam
kemasan merek Aqua sebanyak 126 sampel
yang merupakan bagian dari
populasi sebagai responden. Jumlah tersebut
diambil berdasarkan pertimbangan
bahwa 126 responden merupakan jumlah
yang cukup mewakili populasi.
Responden dalam penelitian ini dipilih
berdasarkan metode pengambilan
sampel yang bersifat non-probability
sampling, yakni accidental
sampling atau convenience sampling yaitu dengan
memilih sampel dari orang atau
unit yang mudah dijumpai atau diakses.
Pada metode ini, setiap anggota
populasi tidak memiliki peluang yang
sama untuk terpilih menjadi
sampel. Penggunaan metode ini didasarkan pada
pertimbangan waktu yang relatif
lebih cepat dan biaya yang lebih murah
dibandingkan dengan sampel probabilistik.
Variabel
Y = a + b1X1 + b2X2 + b3X3 + b4X4 +b5X5+ b6X6+ e
Keterangan :
Y = a + b1X1 + b2X2 + b3X3 + b4X4 +b5X5+ b6X6+ e
Keterangan :
Y = Keputusan
Membeli
a = Konstanta
b1,b2,b3,b4,b5,b6
= Koefisien regresi
X1 = Iklan
Televisi
X2 = Iklan Surat
Kabar
X3 = Iklan
Majalah
X4 = Iklan Radio
X5 = Iklan Billboard
X6 = Iklan
Spanduk
e = Error
Tahapan Penelitian:
Tahapan Penelitian:
Penelitian yang dilakukan
merupakan riset conclusive yang bersifat
kausal (Causal research),
yakni mempelajari hubungan sebab akibat antara
variabel independen terhadap
variabel dependen. Dengan kata lain, terdapat
hubungan sebab akibat yang dapat
diteliti antara variabel faktor-faktor media
iklan dan variabel keputusan
pembelian.
Model Penelitian
Model Penelitian
Dilakukan dengan cara promosi dan
informasi dan pemasaran melalui internet atau email lalu diambil keputusan
pembelian. Model penelitian yang digunakan dalam penilitian ini yang terdapat
dalam gambar 3,
yaitu model pengaruh program
periklanan melalui internet dan pemasaran melalui e-mail
terhadap keputusan pembelian baik
langsung maupun melalui pemrosesan informasi (Sularto,
Hasil dan analisis
Hasil Program promosi yang dilakukan oleh PT. Aqua
Golden Mississippi
sebagai bentuk proses komunikasi
kepada pelanggan mengharapkan
adanya umpan balik (feed back).
Umpan balik tersebut berupa kesadaran
konsumen untuk mengambil
keputusan dalam melakukan pembelian
terhadap air minum dalam kemasan
merek Aqua. Pada penelitian ini telah
dilakukan survey terhadap 126
orang responden sebagai sampel.
Analisis
Pada penelitian ini terdapat 7 (tujuh) variabel yang terdiri dari satu variabel
Pada penelitian ini terdapat 7 (tujuh) variabel yang terdiri dari satu variabel
terikat, yaitu Variabel Keputusan
membeli (Y) dan enam variabel bebas,
yaitu media iklan yang terdiri
dari: Variabel Iklan Televisi (X1), Variabel
Iklan Surat Kabar (X2), Variabel
Iklan Majalah (X3), Variabel Iklan Radio
(X4), Variabel Papan Reklame
(X5), dan Variabel Spanduk (X6).
Rekomendasi dan Implikasi
Rekomendasi
Rekomendasi dan Implikasi
Rekomendasi
Media iklan melalui iklan Televisi, iklan Surat Kabar, iklan
Majalah, iklan Radio, Papan Reklame dan
Spanduk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan
konsumen dalam membeli air minum kemasan merek Aqua.
Implikasi
media iklan yang berpengaruh signifikan tersebut, yang paling dominan terhadap keputusan konsumen dalam membeli air minum kemasan merek Aqua adalah media iklan televisi, diikuti media iklan majalah, dan media iklan spanduk.Sedangkan media iklan surat kabar berpengaruh sangat kecil.
Implikasi
media iklan yang berpengaruh signifikan tersebut, yang paling dominan terhadap keputusan konsumen dalam membeli air minum kemasan merek Aqua adalah media iklan televisi, diikuti media iklan majalah, dan media iklan spanduk.Sedangkan media iklan surat kabar berpengaruh sangat kecil.
Kedua
Pengarang , Judul, Tahun
Ervie Hervina, Analisis Pengaruh pemasaran melalui email di internet terhadap keputusan pembelian produk UKM pada retail industry kimia dan kertas di wilayah bekasi,2010
Tema
Pengaruh Pemasaran
Latar belakang masalah
Permasalahan kemiskinan di Indonesia sudah sangat mendesak untuk ditangani khususnya di wilayah perkotaan pinggiran. Salah satu cirri umum dari kondisi fisik masyarakat miskin adalah tidak memiliki akses ke prasarana dan sarana ke lingkungan dasar yang memadai dengan kualitas perumahan dan permukiman yang jauh dari standar kelayakan, serta mata pencaharian yang tidak menentu. Dalam rangka mendorong kegiatan dan pertumbuhan ekonomi dan terciptanya pemerataan pembangunan melalui perluasan lapangan kerja dan kesempatan berusaha perlu dikembangkan potensi usaha kecil dan koperasi.
Ervie Hervina, Analisis Pengaruh pemasaran melalui email di internet terhadap keputusan pembelian produk UKM pada retail industry kimia dan kertas di wilayah bekasi,2010
Tema
Pengaruh Pemasaran
Latar belakang masalah
Permasalahan kemiskinan di Indonesia sudah sangat mendesak untuk ditangani khususnya di wilayah perkotaan pinggiran. Salah satu cirri umum dari kondisi fisik masyarakat miskin adalah tidak memiliki akses ke prasarana dan sarana ke lingkungan dasar yang memadai dengan kualitas perumahan dan permukiman yang jauh dari standar kelayakan, serta mata pencaharian yang tidak menentu. Dalam rangka mendorong kegiatan dan pertumbuhan ekonomi dan terciptanya pemerataan pembangunan melalui perluasan lapangan kerja dan kesempatan berusaha perlu dikembangkan potensi usaha kecil dan koperasi.
Fenomena : data laporan keuangan,
kelompok masyarakat
Jurnal/Penelitian yang dijadikan dasar
Pemberdayaan pemerintah
Program penanggulangan kemiskinan di perkotaan
Usaha kecil mengenah
Efektifitas
Motivasi penelitian
untuk mengetahui efektifitas proses penyaluran dan penerimaan dana bergulir dan dampak program bantuan terhadap penciptaan lapangan kerja
Masalah
Apakah dana sudah dikelola sesuai dengan prinsip, tujuan, dan rencana penggunaan program seharusnya menjadi factor yang perlu mendapat perhatian
Tujuan Penelitian
Mengetahui efektifitas proses penyaluran dan penerimaan dana
Jurnal/Penelitian yang dijadikan dasar
Pemberdayaan pemerintah
Program penanggulangan kemiskinan di perkotaan
Usaha kecil mengenah
Efektifitas
Motivasi penelitian
untuk mengetahui efektifitas proses penyaluran dan penerimaan dana bergulir dan dampak program bantuan terhadap penciptaan lapangan kerja
Masalah
Apakah dana sudah dikelola sesuai dengan prinsip, tujuan, dan rencana penggunaan program seharusnya menjadi factor yang perlu mendapat perhatian
Tujuan Penelitian
Mengetahui efektifitas proses penyaluran dan penerimaan dana
Metodologi Penelitian
Data
Unit analisis dalam penelitian ini adalah para pengguna Internet serta PT San Miguel
Unit analisis dalam penelitian ini adalah para pengguna Internet serta PT San Miguel
Pure and Foods Indonesia,
artinya penelitian ini menggunakan konsumen dan produsen sebagai unit
observasi.
Sampel/populasi
Sehubungan dengan jenis data yang
diperlukan untuk penelitian ini adalah data yang
langsung diperoleh dari lapangan
(primer), dan setiap variabel yang diuji memerlukan penekanan
pengertian yang definitif yang
relevan dengan topik penelitian. maka secara konseptual
penegasan arti beserta
operasionalisasi setiap variabel
Variabel
Variabel
1.Variabel program periklanan ;
Variabel ini terdiri dari empat indikator yaitu Segmen Pasar
Sasaran (Market),
Tujuan/Misi (Mission), Pesan (Message), sertaMedia (Medium).
2. Variabel pemasaran melalui e-mail
/ E-Mail marketing ; E-mail marketing termasuk dalam
kelompok komunikasi Pemasaran
Langsung (Direct Marketin). Variabel ini terdiri dari dua
indikator yaitu E-mail Promosional
serta E-mail terkait Layanan.
3. Variabel Pemrosesan Informasi
; mencerminkan bagaimana perilaku para pengguna Internet
memproses informasi dalam diri
mereka, proses ini termasuk perilaku yang tidak dapat
dilihat secara nyata oleh orang
lain. Variabel ini terdiri dari 6 indikator yaitu Pemaparan
(Exposure), Perhatian (Attention),
Pemahaman (Comprehension), Persetujuan (Agreement),
Mengingat (Retention) dan
Niat Pembelian (Purchase Intension).
4. Variabel Keputusan Pembelian ;
mencerminkan bagaimana perilaku para pengguna internet
dalam membuat keputusan atas
informasi periklanan yang diperolehnya. Variabel ini terdiri dari 6 indikator
yaitu Jangkauan, Perhatian, Pemahaman, Interaksi, Jaringan, serta
Pembelian.
Tahapan Penilitian
Pencarian data dilakukan dengan penetapan sampel dan populasi, pembuatan kuesioner, tabulasi data sumber, pemodelan dan analisa
Model Penelitian
Model penelitian yang digunakan dalam penilitian ini yang terdapat dalam gambar 3,
yaitu model pengaruh program
periklanan melalui internet dan pemasaran melalui e-mail
terhadap keputusan pembelian baik
langsung maupun melalui pemrosesan informasi
Hasil dan analisis
1.Pengaruh Program Periklanan terhadap Pemrosesan informasi menunjukan bahwa ada
pengaruh yang signifikan dimana
dengan diperolehnya nilai signifikasi 0.000<0.05
jika dilihat nilai standar
koefisien (β) sebesar 0.446. Hal ini menunjukan bahwa setiap
kenaikan satu satuan program
periklanan akan meningkatkan pemprosesan data
sebasar 0.446.
2. Pengaruh pemasaran Melelui E-mail
terhadap Pemrosesan informasi menunjukan
bahwa ada pengaruh yang
signifikan dimana, dengan diperolehnya nilai signifikasi
0.001<0.05 jika dilihat
nilai standar koefisien (β) sebesar 0.374. Hal ini menunjukan
bahwa setiap kenaikan satu satuan
program periklanan akan meningkatkan
pemrosesan data sebesar 0.374.
3. Pengaruh Program Periklanan
terhadap Keputusan Pembelian menunjukan bahwa
tidak ada pengaruh yang
signifikan dimana, dengan diperolehnya nilai signifikasi
0.230>0.05 jika dilihat
nilai standar koefisien (β) sebesar -0.105. Hal ini menunjukan
bahwa setiap kenaikan satu satuan
program periklanan akan meningkatkan
pemprosesan data sebesar -105.
4. Pengaruh Pemasaran Melalui E-mail
terhadap Keputusan Pembelian menunjukan
bahwa ada pengaruh yang
signifikan dimana dengan diperolehnya nilai signifikasi
0.000<0.05 jika dilihat
nilai standar koefisien (β) sebesar 0.454. Hal ini menunjukan
bahwa setiap kenaikan satu satuan
program periklanan akan meningkatkan
pemrosesan data sebasar 0.454.
5. Pengaruh Pemrosesan Informasi
terhadap Keputusan Pembelian menunjukan bahwa
ada pengaruh yang signifikan
dimana, dengan diperolehnya nilai signifikasi
0.000<0.05 jika dilihat
nilai standar koefisien (β) sebesar 0.590. Hal ini menunjukan
bahwa setiap kenaikan satu satuan
program periklanan akan meningkatkan
pemprosesan data sebesar 0.590.
Rekomendasi
Berdasarkan hasil pengujian
terhadap hipotesis-hipotesis yang diajukan menunjukan
bahwa program periklanan dan
pemasaran melalui e-mail produk Vida mempengaruhi
pemprosesan informasi untuk
pengguna internet .
Implikasi
Namun untuk keputusan pembelian produk Vida hanya dipengaruhi pemasaran melalui email
Namun untuk keputusan pembelian produk Vida hanya dipengaruhi pemasaran melalui email
dan pemprosesan informasi sedang
untuk program periklanan tidak mempengaruhi
terhadap keputusan pembelian. Hal
ini menunjukan bahwa pengetahuan responden mengenai
pemaparan iklan Vida melalui internet sangat kurang
sekali.
Ketiga
Pengarang,Judul,Tahun
Fifi Anggraeni, Analisis Pengaruh Pemasaran pada PT. Timurindo,2010
Tema
Pengaruh Pemasaran
Latar belakang masalah
Timurindo adalah perusahaan penyedia jasa untuk membangun dan penyediaan insfrastruktur telekomunikasi dengan sumber daya manusia untuk menghadapi persaingan yang ketat dengan macam melakukan strategi perusahaan
Fenomena
Fifi Anggraeni, Analisis Pengaruh Pemasaran pada PT. Timurindo,2010
Tema
Pengaruh Pemasaran
Latar belakang masalah
Timurindo adalah perusahaan penyedia jasa untuk membangun dan penyediaan insfrastruktur telekomunikasi dengan sumber daya manusia untuk menghadapi persaingan yang ketat dengan macam melakukan strategi perusahaan
Fenomena
study pustaka dengan mempelajari buku-buku refrensi yang berhubungan
dengan masalah mendapatkan data yang digunakan sebagai landasan
Jurnal
Jurnal
SWOT
metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats)
Motivasi penelitian
metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats)
Motivasi penelitian
untuk mengetahui perusahaan melakukan upaya dalam
memasarkan jasa-jasa
Masalah
Masalah
Bagaimana menerapkan strategi pemasaran baik dilakukan PT. Timurindo
Tujuan penelitian
Tujuan penelitian
mengetahui strategi
pemasaran
Metodologi penelitian
Data
Metodologi penelitian
Data
- Data primer: data yang diperoleh langsung dari sumbernya misalnya melalui interview dan observasi
- Data sekunder: data yang sudah ada berbentuk publikasi dan buku mengenai topic misalnya melalui studi pustaka
Sampel dan populasi
Objek penelitian diambil dalam penelitian ini adalah pengaruh pemasaran yang di terapkan PT. Timurindo di pondok gede
Objek penelitian diambil dalam penelitian ini adalah pengaruh pemasaran yang di terapkan PT. Timurindo di pondok gede
Tahapan penelitian
pencarian dara dilakukan dengan penetapan sampel dan populasi
pencarian dara dilakukan dengan penetapan sampel dan populasi
Hasil dan analisis
Dari hasil data pengguna jasa layanan PT.Timurindo dapat disimpulkan bahwa jumlah pengguna jasa mengalami peningkatan.
Dari hasil data pengguna jasa layanan PT.Timurindo dapat disimpulkan bahwa jumlah pengguna jasa mengalami peningkatan.
Rekommendasi dan Implikasi
Dengan adanya pengaruh pemasaran yang agresif para manajer pemasaran diharapkan menetapkan target dan sasaran yang hendak dicapai dengan membuat program kerja terutama yang berhubungan langsung dengan kualitas pelayanan jasa
Dengan adanya pengaruh pemasaran yang agresif para manajer pemasaran diharapkan menetapkan target dan sasaran yang hendak dicapai dengan membuat program kerja terutama yang berhubungan langsung dengan kualitas pelayanan jasa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar